Mengatur Database Website di Cpanel

Setelah Anda mendapatkan layanan hosting, pihak penyedia layanan akan mengirimkan Anda email yang berisi informasi account (akun) hosting Anda. Di antaranya adalah alamat untuk mengakses Control Panel, yang formatnya seperti ini: http://www.sekolahanda.sch.id/cpanel, ada juga Username dan password untuk masul ke Control Panel (Cpanel) tersebut.

1. Setelah Anda login ke Cpanel akan terlihat menu dan atau icon menu yang akan mengantarkan Anda ke sejumlah fitur Cpanel. Di antara menu tersebut terlihat Menu yang terkait dengan pembuatan dan pengaturan databases. Untuk memulai membuat database silahkan klik Mysql Database Wizard
membuat database website di cpanel

2. Selanjutnya mulai membuat database dengan menulis nama database, perhatikan gambar dibawah ini.
membuat database website di cpanel
Dalam gambar diatas dilustrasikan bahwa database yang sedang dibuat adalah sekol_cms (silahkan pilih sendiri database Anda, biasanya prefiks: sekol ditentukan otomatis oleh server). Selanjutnya, klik Next Step
3. Selanjutnya kita akan membuat nama pemakai database (username) dan password database. Perhatikan gambar di bawah.
membuat database website di cpanel

Dalam gambar di atas terlihat Username database adalah sekol_root, dan passwordnya terdiri dari beberapa karakter (maksimal 7 karakter), sebaiknya password terdiri dari gabungan huruf,angka, dan simbol, misalnya 123456- atau 123h3_ (silahkan pilih sendiri pasword Anda). Selanjutnya klik Create User .
4. Pada halaman selanjutnya adalah pengaturan privileges (hak akses terhadap database) bagi user yang sudah dibuat. Centang aja All Privileges seperti gambar di bawah.

Selanjutnya klik Next Step.
5. Dengan tampilnya halaman seperti di bawah berarti anda telah berhasil membuat dan melakukan pengaturan terhadap sebuah database website. Selanjutnya klik Return Home untuk kembali ke halaman depan Cpanel.
membuat database website di cpanel
Dengan demikian identitas database website yang telah dibuat adalah:
1. database : sekol_cms
2. username : sekol_root
3. password :  123456-
Data-data ini perlu dicatat karena akan dimasukkan dalam file yang mengatur konfigurasi website Anda. Dalam cms balitbang file konfigurasi adalah config.php yang terdapat pada folder lib.

0 komentar:

terima kasih atas kunjungan anda

http://tugasbloger.blogspot.com/

Copyright © 2016 TUGAS-NGEBLOG